Searching...
Selasa, 23 Oktober 2012

PIRANTI INPUT

03.41

 


A.     Pengertian Input Device

Piranti input / Input Device adalah erangkat/ media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user(pengguna) dengan computer. Data yang dimasukkan ke dalam system computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Sign input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance input terbentuk program yang digunakan untuk mengolah datayang dimasukkan. Jadi input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Dalam hal ini data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video, dan bahkan gerakan.

B.      Jenis-jenis Piranti Input

1.      Piranti Pengetikan

Piranti pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan dalam system computer adalah keyboard. Piranti pengetikan yang lain yaitu ATM ( Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang dan POS (Point of Sale) yang digunakan pada took-toko swalayan.

a.      Keyboard

Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf ,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer, keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A Z, a z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <> / , . ? : ; \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A. Alphanumeric Key
B. Numerik Keypad
C. Function Key
D. Modifier Key
E. Cursor Movement Key.
Secara garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
·         Tombol Pengetikan
·         Tombol Angka
·         Tombol Fungsi
·         Tombol Kontrol

2.      Peranti penunjuk

Digunakan untuk memilih data atau perintah yang muncul di layar monitor. Yang paling umum adalah mouse, keyboard dan sejenisnya. Adapun yang lain membentuk pena elektronis diantaranya adalah penbased computer system, light pen, dan digitizer.
A.     Mouse
Adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah banyak dipergunakan secara umum dan digunakan sebagai penunjuk juga yang ditampilkan layar monitor.Peranti ini pertama kali dikenal kan oleh Macintosh dan disenangi oleh pemakai  penggunaan mouse baru marak setelah windows muncul dengan tampilan graphical user interface (GUI)-nya
Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y). Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
 
B.      Track ball
            Memiliki fungsi yang sama dengan mouse yaitu untuk memilih perintah-perintah dari    menu tampilan grafis bedanya jika untuk menggerakan petunjuk mouse di layar diperlaukan penggeseran mouse, penggeseran penunjuk track ball dilayar digunakan untuk memutar bola track ball dengan tangan pemakai yang dihendaki. Peranti penunjuk jenis Ini perlu dibersihkan lebih sering karena lebih cepat kotor oleh minyak tangan pada pengguna.



 

C.      Touch screen
          
  Touch screen atau layar sentuh adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Contoh penerapan touch screen yang banyak ditemui adalah pada penunjuk peta di bandara-bandara atau layanan informasi di beberapa kota besar. Penerapan touch screen ditempat umum banyak dijumpai seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan tiket, penyedia informasi dikampus, toko dan sebagainya.


D.     Touchpad

            Piranti penunjuk yang berupa tempat daftar guna menggeser tangan di atasnya. Seperti contohnya pada laptop. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat






E.     joystick

            joystick biasanya  digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan atau game. Prinsipnya sama seperti cara kerja mouse hanya saja, penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil. Seperti contohnya pada Joystick untuk playstation

F.     Peranti Penunjuk Berbentuk Pena

Sistem berbasis pena elektronis memungkinkan  seseorang memilih,memasukan permintnan,dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan,jika menggunakan perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan .Contoh pemanfaatan system computer berbasis pena  adalah pena untuk masukan pada PDA dan  berbagai computer yang dapat dipegang tangan.

G.      Light Pen

Adalah peranti penunujuk yang berupa seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan sebuah layer yang peka cahaya (fotoelektrik). Alat ini digunakan dengan cara menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya. Apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut. Dengan lightpen memungkinkan kamu untuk menyentuh suatu titik di layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer, seperti rancang bangunan atau desain grafis

 

0 komentar:

Posting Komentar