A. Pengertian Input Device
Piranti
input / Input Device adalah erangkat/ media untuk memasukkan data dari luar ke
dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang
menghubungkan user(pengguna) dengan computer. Data yang dimasukkan ke dalam
system computer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Sign input
berbentuk data yang dimasukkan ke dalam system computer, sedangkan maintenance
input terbentuk program yang digunakan untuk mengolah datayang dimasukkan. Jadi
input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk
memasukkan program.
Dalam hal ini data
dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio-video, dan bahkan gerakan.
B. Jenis-jenis Piranti
Input
1. Piranti
Pengetikan
Piranti
pengetikan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Peranti
yang paling umum dipergunakan dalam system computer adalah keyboard. Piranti pengetikan yang lain yaitu ATM ( Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang dan POS (Point of Sale) yang digunakan pada took-toko swalayan.
a. Keyboard
Keyboard
adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan
menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Merupakan piranti pemasukan data yang dapat mengubah huruf
,angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses computer,
keyboarad juga merupakan piranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami
perubahan sejak dikenalkan pertam kali. Secara garis besar system keyboard
biasanya terdidri atas tombol-tombol. Penciptaan keyboard komputer diilhami
oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher
Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan
Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch
card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946
komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched
cardreader)sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia
artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat
tombol-tombol huruf A –
Z, a – z, angka 0 - 9,
tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = <>
/ , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah
seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya
adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini
model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard
QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key
yang disusun ke dalam bagian sebagai berikut
A.
Alphanumeric Key
B.
Numerik Keypad
C.
Function Key
D.
Modifier Key
E.
Cursor Movement Key.
Secara
garis besar system keyboard biasanya terdiri atas tombol-tombol yaitu :
·
Tombol
Pengetikan
·
Tombol
Angka
·
Tombol
Fungsi
·
Tombol
Kontrol
2. Peranti penunjuk
Digunakan untuk memilih data atau
perintah yang muncul di layar monitor. Yang paling umum adalah mouse, keyboard
dan sejenisnya. Adapun yang lain membentuk pena elektronis diantaranya adalah
penbased computer system, light pen, dan digitizer.
A. Mouse
Adalah peranti penunjuk yang pada saat ini telah
banyak dipergunakan secara umum dan digunakan sebagai penunjuk juga yang
ditampilkan layar monitor.Peranti ini pertama kali dikenal kan oleh Macintosh
dan disenangi oleh pemakai penggunaan
mouse baru marak setelah windows muncul dengan tampilan graphical user
interface (GUI)-nya
Tetikus pertama
kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan
satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970,
Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada
layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator
(indikator posisi X-Y). Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol,
masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun
demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh
biasanya menggunakan tetikus satu tombol.
B.
Track ball
Memiliki
fungsi yang sama dengan mouse yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis bedanya jika untuk
menggerakan petunjuk mouse di layar diperlaukan penggeseran mouse, penggeseran
penunjuk track ball dilayar digunakan untuk memutar bola track ball dengan
tangan pemakai yang dihendaki. Peranti penunjuk jenis Ini perlu dibersihkan
lebih sering karena lebih cepat kotor oleh minyak tangan pada pengguna.
C.
Touch screen
Touch
screen atau layar sentuh adalah peranti penunjuk berupa monitor yang telah
dibuat sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh
suatu gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah. Contoh
penerapan touch screen yang banyak ditemui adalah pada penunjuk peta di
bandara-bandara atau layanan informasi di beberapa kota besar. Penerapan touch
screen ditempat umum banyak dijumpai seperti pada ATM, mesin-mesin penjualan
tiket, penyedia informasi dikampus, toko dan sebagainya.
D. Touchpad
Piranti
penunjuk yang berupa tempat daftar guna menggeser tangan di atasnya. Seperti
contohnya pada laptop. Unit ini digunkan sebagai pengganti mouse. Jadi
fungsinya juga untuk memindahkan kursor secara cepat
E. joystick
joystick
biasanya digunakan untuk mengendalikan
aplikasi permainan atau game. Prinsipnya sama seperti cara kerja mouse hanya
saja, penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil. Seperti contohnya pada
Joystick untuk playstation
F. Peranti Penunjuk Berbentuk Pena
Sistem berbasis pena elektronis
memungkinkan seseorang memilih,memasukan
permintnan,dan bahkan menerima masukan berupa tulisan tangan,jika menggunakan
perangkat lunak yang dapat mengenali dan menterjemahkan tulisan tangan .Contoh
pemanfaatan system computer berbasis pena
adalah pena untuk masukan pada PDA dan
berbagai computer yang dapat dipegang tangan.
G. Light Pen
Adalah peranti penunujuk yang berupa
seperti pena dan dapat menghasilkan cahaya, yang digunakan bersamaan dengan
sebuah layer yang peka cahaya (fotoelektrik). Alat ini digunakan dengan cara
menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka kepada cahaya. Apabila pena
ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka satu isyarat elektronik
akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program tersebut. Dengan lightpen memungkinkan kamu untuk menyentuh suatu titik di
layar dan komputer akan membaca lokasi tersebut. Teknologi ini banyak digunakan
untuk membuat grafik atau gambar di dalam perencanaan dengan bantuan komputer,
seperti rancang bangunan atau
desain grafis
0 komentar:
Posting Komentar