Searching...
Selasa, 23 Oktober 2012

SISTEM DASAR KOMPUTER

03.18

A. Sistem Komputer

          istilah komputer terdiri atas elemen-elemen dasar berupa perangkat keras (hardware), perangkat lunak (softwaIstilah komputer berasal dari bahasa Latin, yaitu computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon). Hingga saat ini, istilah komputer telah didefinisikan dalam banyak cara.           Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk sistem komputer (computer system). Sistem kompre), dan manusia (brainware).
·      Perangkat keras adalah peralatan dalam sistem komputer yang secara fisik dapat dilihat. Komponen utama perangkat keras sistem komputer adalah sebagai berikut :
a.    Unit masukan, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Seperti, keyboard, mouse dan lain-lain.
b.    Unit Pengolah Pusat/CPU merupakan otak komputer.
c.    Unit keluaran, dalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran hasil pegolahan data. Seperti, monitor, printer, speaker, plotte, daan lain-lain.
d.    Media penyimpanan (memory) digunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program pengolah. Memori dibedakan menjadi dua yaitu RAM dan ROM.
  • Selain komponen utama, perangkat keras komputer juga dilengkapi dengan komponen pendukung sebagai berikut.5
a.    I/O ports, digunakan untuk menerima atau mengirim data ke luar sistem
b.    Data bus, merupakan jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer.
c.    Addres bus, digunakan untuk memberikan tanda lokasi sumber ataupun tujuan dalam proses transfer data.
d.    Conrol bus, digunakan untuk mengontrolpenggunaan serta akses ke data bus dan addres bus.

·      Perangkat Lunak
Perangkat lunak komputer merupakan serangkaian intruksi dengan aturan tertentuyang mengatur operasi perangkat keras. Perangkat lunak terdiri atas 3 kelompok yakni:
a.    Sistem Operasi/OS adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengendalikan resources selama proses berlangsung.
b.    Bahasa pemrograman, merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai alat untuk pengembangan program aplikasi.
c.    Bahasa query, merupakan perangkat lunak bahasa tingkat sangat tinggiyang dapat digunakan untuk menampilkan informasi-informasiyang diinginkan hanya dengan menuliskan sedikit perintah saja.
·      Manusia/perangkat cerdas
Brainware merupakan personal-personal yang terlibat dalam sistem komputer, yaitu meliputi operator, programmer, system analyst, manajer sistem informasi,manajer pada tingkat operasional, manajer pada tingkat manajerial, manajer pada tingkat strategis, teknisi, administrator basis data, serta personal lain yang terlibat.
              Jadi dapat disimpulkan bahwa definisi dari sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegritas) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

B. Dari Bit Ke Informasi

Komputer bekerja atas sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal 2 macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. haya dengan dua bilangan ini komputer dapat menyajikan informasi yang begitu sempurna bagi peradaban manusia.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti:
  1.  Huruf, misalnya A dan z,
  2.  Digit, seperti 0,2, dan 9,
  3.  Selain huruf maupun digit, seperti tanda + serta & dan bahkan simbol seperti β
 
Pemakai dan sistem komputer menggunakan pendekatan sistem yang berbeda
 

Perbedaan Mesin VS Manusia Orientasi 
 

C. Satuan Data

Bit merupakan satuan data terkecil dalam sistem komputer. Diatas satuan ini terdapat berbagai satuan lain, yakni berupa byte, megabyte, gigabyte, terabyte dan peta byte. Selain berbagai istilah yang menggunakan istilah byte, kadangkala di jumpai istilah yang menggunakan bit seperti megabit. Penggunaan istilah ini biasanya dikaitkan dengan “perdetik” ; misalnya, 10 megabit perdetik. Istilah megabit perdetik sering dinyatakan dengan Mbps. Dalam hal ini, megabit berarti 1.000.000 bit.
Sistem
Ekivalen
Keterangan
Byte
8 bit
Untuk menyimpan sebuah karakter pada sistem ASCII atau EBCDC.
Kilobyte
1024 byte
Awal PC hanya memiliki memori sebesar 640 kilobyte.
Megabyte
1024 kilobyte
Memori PC pada saat ini berkisar antara 64-256 megabyte.
Gigabyte
1024 megabyte
Ukuran hard disk yang digunakan berkisar antara 20-40 gigabyte
Terabyte
1024 gigabyte
Database yang sangat besar.
Petabyte
1024 terabyte
Penggunaan dimasa mendatang.

         Byte
Merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter.
Dimana satu karakter sama juga dengan 8 bit.
         Kilobyte
Kilobyte merupakan tingkatan di atas byte, dimana 1 kilobyte = 1024 byte. Satuan Kilobyte disingkat dengan KB.
         Megabyte
1 Megabyte = 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte. Satuan ini disingkat dengan nama MB.
         Gigabyte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte. Satuan ini dapat kita jumpai dalam kapasitas Hardisk. Satuan Gigabyte disingkat menjadi GB.
         Terabyte
Terabyte = 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024 = 1.009.511.627.776 byte. Dapat kita jumpai dalam kapasitas harddisk dan memori pada komputer mainframe. Satuan ini disingkat dengan TB.
          Petabyte
1 Petabyte = 1024 terabyte atau sama dengan 1024x1024x1024x1024x1024 = 1.125.899.906.842.624. Satuan ini diseingkat dengan PB.

D.  Satuan Waktu dan Frekuensi
            Kecepatan komputer dalam memperoses sebuah data sangatlah tinggi. Orde waktu yang di gunakan untuk mengerjakan sebuah intruksi jauh dibawah 1 detik. Itulah sebabnya terdapat  beberapa satuan waktu yang perlu anda ketahui, sebagaimana terlihat pada tabel di bawah.
Satuan
Ekivalen
milidetik
1/1.000 detik
mikrodetik
1/1.000.000 detik
nanodetik
1/1.000.000.000 detik
pikodetik
1/1.000.000.000.000 detik
          Satuan lain yang banyak di singgung dalam sistem komputer adalah satuan untuk frekuensi, Frekuensi diukur dengan satuan hertz. Frekuensi berarti jumlah siklus dalam satu detik. 1 hertz berarti bahwa dalam satu detik terbentuk sebuah siklus. Ukuran frekuensi yang lebih besar yaitu  kilohertz dan megahertz. 1 kilohertz   (KHz) = 1000 hertz   (Hz)  dan 1 megahertz (MHz) = 1000 kilohertz. 

C.       Sistem Pengkodean Karakter

Sitem yang digunakan untung mengkodekan karakter ada bermacam-macam. Tiga yang terkenal adalah ASCII, EBCDIC, dan Unicode
~     System ASCII
ASCII (American Standart Code for Information Interchange), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secara bersama-sama sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode 7-bit , tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bit yang digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi berbagai kesalahan yang timbul.
~     System EBCDIC
EBCDIC (Extended Binary Coded Decimal Interchange Code) menggunakan 8-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan adanya 8-bit ini, tentu saja jumlah data yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zone-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numerik bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM.
~     Unicode
Unicode adalh sebuah karakter yang dinyatakan dengan 16 bit. Alhasil, standar ini dapat mencakup 65.536 krakter. Dengan cara seperti ini berbagai simbol dalam bahasa seperti arab dan china bisa ditampung.
D.      Konversi Sistem Biner dan Sistem Desimal

Sistem bilangan biner adalah sebuah sistem penulisan angka dengan menggunakan dua simbol yaitu 0 dan 1. Sistem bilangan ini merupakan dasar dari semua sistem bilangan berbasis digital. Pengelompokan biner dalam komputer selalu berjumlah 8, dengan istilah 1 Byte. Dalam istilah komputer, 1 Byte = 8 bit. Kode-kode pemrograman /rancang bangun komputer, seperti ASCII menggunakan sistem pengkodean 1 Byte.
15 : 2 = 7 (sisa 1)
7: 2 = 3 (sisa 1)
3: 2 = 1 (sisa 1)
1: 2 = 0 (sisa 1)
Sisa dibaca dari belakang 1 1 1 1
12 : 2 = 6 (sisa 0)
6: 2 = 3 (sisa 0)
3: 2 = 1 (sisa 1)
1: 2 = 0 (sisa 1)
Sisa dibaca dari belakang 1 1 0 0
Sedangkan jika ingin mengkonversi biner ke desimal secara manual bisa dilihat di bawah ini
misalnya : 1100  = (1x23) +(1x22)+(0x21)+(0x20) = 8 + 4 + 0 + 0 = 12
E.       Bagian Unit Sistem
  
Unit system berupa sebuah kotak yangsering disebut case atau cabinet system, Di dalam kotak inilah terdapat berbagai kompnen seperti CPU, cip memori (RAM dan ROM), motherboard, catu daya, hardisk, dan CD drive.
Beberapa komponen penting yag terdapat di dalam case akan dijelaskan pada bab ini. Beberapa komponen lain seperti CD drive dan floppy disk drive akan dijelaskan pada Bab 5.

F.      Memori Internal
     Memori adalah adalah Memory yang dapat diakses secara langsung oleh prosesor. Memori internal memiliki fungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini yang disimpan di dalam memori utama dapat berupa data atau program. Secara lebih rinci, fungsi dari memori utama adalah : Menyimpan data yang berasal dari peranti masukan sampai data dikirim ke ALU (Arithmetic and Logic Unit) untuk diproses Menyimpan daya hasil pemrosesan ALU sebelum dikirimkan ke peranti keluaran Menampung program/instruksi yang berasal dari peranti masukan atau dari peranti pengingat sekunder.
 Jenis-jenis memory internal:
         ROM (Read Memory Internal)
ROM adalah jenis memori yang isinya tidak hilang ketika tidak mendapat aliran listrik dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM pada komputer disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data. Isi ROM hanya dapat dibaca saja, tidak dapat diubah/ditulis. Pengisisan ROM dilakukan oleh pabrik pembuatnya. Didalam ROM, hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. ROM berisi sistem operasi /OS yang memuat program penting yang diperlukan oleh sistem kompute, misal program untuk mengatur tampilan karakter di monitor, penggunaan tombol keyboard untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Isi ROM adalah sekumpulan instruksi yang disebut sebagai microinstruction atau firmware.
         RAM (Random Access Memory)
RAM adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik. Selain itu, RAM mempunyai sifat yakni dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat. Data program yang dimasukan melalui alat masukan akan disimpan terlebih dahulu di dalam RAM yang ada di main memory. Data dan program tersebut dapat di tulis, diambil, atau dihapus isinya oleh pembuat program secara acak/random. Struktur RAM terrdiri atas:
a.    Input stroge, yaitu bagian RAM yang digunakan untuk menampung input yang dimasukan melalui alat masukan.
b.    Program stroge, yaitu bagian RAM yang digunakan untu menyimpan semua intruksi program yang akan dibahas.
c.    Working stroge, yaitu bagian RAM yang digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil olahan.
d.    Output stroge, yaitu bagian RAM yang digunakan untu menampung hasil akhir olahan data yang akan ditampilkan ke alat keluaran
            Data atau program yang dimasukan melalui alat masukan akan ditampung terlebih dahulu didalam input stroge. Jika input tersebut berupa data maka akan di pindahkan ke working stroge, tetapi jika input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program stroge. Hasil olahan sementara juga akan ditampung terlebih dahulu di working stroge, dan jika ditampilkan ke alat keluaran maka baru dipindahkan ke output stroge. RAM berupa kepingan, dengan kapasitas 1MB, 4MB, 8MB, 16MB,32MB, 64MB, 128MB, atau 256MB.
         Cache memory
            Cache memory merupakan memori sekunder berkecepatan tinggi yang digunakan untuk meningkatkan kinerja komputer, yaitu meningkatkan efisiensi kerja CPU dan mengurangi waktu yang terbuang. Cache memory terdiri atas:
a.                  Internal, digunakan untuk komputasi berkecepatan tinggi.
b.                  External, digunakan sebagai buffer untuk menyimpan program.
            Untuk dapat melaksanakan proses selanjutnya, CPU harus selalu menunggu hingga data atau intruksi diterima dari main memory, atau menunggu hasil olahan selesai dikirimkan ke main memory. Kecepatan proses didalam main memory lebih lambat dibanding kecepatan proses didalam register. Kondisi ini akan mengakibatkan banyak waktu terbuang. Dengan adanya cache memory, maka jumlah blok informasi pada main memory akan dipindahkan ke cache memory dan selanjutnya CPU akan selalu berhubungan dengan cache memory. Hal ini akan dapat mempercepat proses pengolahan di dalam CPU.




Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar