.
Perbandingan Kecerdasan Buatan dengan kecerdasan
Alamiah.
Ada beberapa
keuntungan kecerdasan buatan dibanding kecerdasan alamiah, yaitu:
1.Lebih Permanen
2.Memberikan kemudahan dalam duplikasi dan penyebaran
3.Relatif lebih murah dari kecerdasan alamiah
4.Konsisten dan teliti
5.Dapat didokumentasi
6.Dapat mengerjakan beberapa task dengan lebih cepat dan lebih baik dibanding
manusia
Ke keuntungan
kecerdasan alamiah dibanding kecerdasan buatan :
1.
Bersifat
lebih kreatif.
2.
Dapat
melakukan proses pembelajaran secara langsung , sementara AI harus mendapatkan
masukan berupa symbol dan representasi.
3.
Focus yang
luas referensi untuk pengambilan keputusan, sebaliknya AI menggunakan fokus
waktu yang sempit.
Komputer
dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang obyek, kegiatan (events),
proses dan dapat memproses sejumlah besar informasi dengan lebih efisien dari
yang dapat dikerjakan manusia. Namun di sisi lain, menusia dengan menggukan
insting dapat melakukan hal yang sulit diprogram pada komputer, yaitu kemampuan
mengenali (recognize) hubungan antara hal-hal tersebut, menilai kualitas
dan menemukan palo yang menjelaskan hubungan tersebut.
Perbandingan
antara AI dengan pemrograman konvensional adalah seperti table berikut ini:
Table 1.3 Perbandingan
AI dan pemrograman konvensional
Dimensi
|
AI
|
Pemrograman
Konvensional
|
Processing
|
Simbolik
|
Algoritmik
|
Input
|
Tidak harus lengkap
|
Harus lengkap
|
Search
|
Heuristik
|
Algoritmik
|
Explanation
|
Tersedia
|
Tidak tersedia
|
Major interest
|
Pengetahuan
|
Data dan informasi
|
Struktur
|
Terpisah antara control dan pengetahuan
|
kontrol terintegrasi dengan data
|
Output
|
Tidak harus lengkap
|
Harus lengkap
|
Maintenance dan
update
|
Mudah Karena menggunakan modul-modul
|
Umumnya susah dilakukan
|
Hardware
|
Workstation dan PC
|
Semua tipe
|
Kemampuan pemikiran
|
Terbatas tetapi dapat
Ditingkatkan
|
Tidak ada
|
Persamaan
dan Perbedaan Konsep Komputasi Antara Kecerdasan Buatan dengan Komputasi
Konvensional
Persamaannya
:
1.
Sama-sama
mengolah simbol-simbol yang dapat berupa huruf, kata, atau bilangan yang
digunakan untuk menggambarkan obyek, proses, dan saling
hubungannya. Obyek dapat berupa orang, benda, ide, pikiran, peristiwa atau
pernyataan suatu fakta.
2.
Menggunakan
komputer digital untuk melaksanakan operasi.
Perbedaanya
:
KOMPUTASI KONVENSIONAL
|
KECERDASAN BUATAN
|
Menggunakan fungsi otak manusia.
|
Meniru beberapa fungsi otak manusia.
|
Komputer diperintahkan untuk menyelesaikan
suatu masalah.
|
Komputer diberitahu tentang suatu masalah.
|
Hanya dapat ditulis dalam bahasa pemrograman biasa
seperti Assembler, C/C++, Fortran, Basic dan Pascal.
|
Programnya dapat ditulis dalam semua bahasa
pemrograman termasuk bahasa pemrograman khusus untuk aplikasi Kecerdasan
Buatan seperti Prolog dan LISP.
|
Dapat dijalankan pada semua jenis komputer tetapi
tidak dibuatkan hardware khusus.
|
Dapat dibuatkan hardware khusus dan dapat
pula dijalankan pada semua jenis komputer.
|
Komputer diberikan data dan program
yang berisi spesifikasi langkah demi langkah bagaimana cara data itu
digunakan dan diolah untuk menghasilkan solusi.
|
Komputer diberi pengetahuan tentang suatu
wilayah subyek masalah tertentu dengan ditambah kemampuan inferensi.
|
Didasarkan pada suatu algoritma yang dapat
berupa rumus matematika atau prosedur berurutan yang tersusun jelas.
|
Didasarkan pada repesentasi dan manipulasi
simbol.
|
Pengolahan obyek bersifat kwalitatif.
|
Pengolahan obyek bersifat kwantitatif.
|
Bidang Aplikasi Artificial Intelligence
Penerapan AI
meliputi berbagai bidang seperti ditunjukkan pada bagian cabang dari pohon AI
pada Gambar 1, sedangkan induk keilmuan AI dapat dilihat pada akar dari pohon
AI yang antara lain meliputi: Bahasa/linguistik, Psikologi, Filsafat, Matematik,
Teknik Elektro, Ilmu Komputer, dan Ilmu Manajemen. Bidang aplikasi AI yang umum
ditemui saat ini antara lain adalah:
Sistem Pakar
(Expert
Systems), yaitu
program konsultasi (advisory) yang mencoba menirukan proses penalaran
seorang pakar/ahli dalam memecahkan masalah yang rumit. Sistem Pakar merupakan
aplikasi AI yang paling tua dan banyak dikembangkan. Jadi dalam hal ini
kepakaran manusia seolah-olah dipindahkan kedalam hardisk komputer.
Case Based
Reasoning (CBR). CBR adalah suatu pendekatan untuk mendapatkan solusi
dengan menggunakan acuan solusi problem-problem terdahulu untuk memecahkan
problem yang baru. Jadi, CBR memecahkan masalah baru dengan menggunakan solusi
masalah lama yang serupa atas dasar analogi. CBR dapat diibaratkan memindahkan
database kasus-kasus yang telah dimiliki oleh seorang pakar kedalam hardisk
komputer untuk dipakai menyelesaikan kasus baru yang serupa.
Image and
Vision System
Mengingat
komputer mampu mengenal jutaan warna, mampu mengenal pola, serta mempunyai
resolusi yang tinggi (pixel) maka aplikasi yang berhubungan gambar, warna dan
pola sangat banyak ditemukan. Sistem citra dan pandang dikembangkan di
universitasMassachusetts, dalam bentuk image baik warna tiga dimensi maupun dua
dimensi. Sistem visi memberikan solusi yang baik dari permasalahan yang
berhubungan dengan kegiatan manusia sehari-hari, misalnya saat berjalan-jalan
disekitar rumah, mata dan otak akan bekerja membentuk sistem vision yang
kompleks, dengan demikian seseorang tersebut akan mengenali serta membedakan
satu objek dengan yang lainnya bahkan gerakan dari suatu objek dan mengevaluasi
bentuk (halus, kasar, mengkilap, transparan, dan lain sebagainya). Tujuan utama
dari komputer visi adalah untuk menerjemahkan suatu pemandangan/citra. Komputer
visi banyak dipakai dalam kendali kualitas produk industri dan kedokteran.
Pemrosesan
Bahasa Alami (Natural Language Processing), yaitu program yang memberi kemampuan pada komputer
untuk berkomunikasi dengan user dengan menggunakan bahasa manusia yang alami
seperti dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jepang atau yang lainnya. Natural
Language Processing berkesimpulan jika seseorang dapat mendefinisikan semua
pola tersebut dan menjelaskannya pada komputer maka hal ini akan mempermudah
seseorang untuk mempelajari mesin komputer tentang bagaimana berbicara dengan
komputer dan memahami maksudnya, karena komunikasi dapat dilakukan melalui tata
bahasa yang sederhana ketimbang menggunakan aturan-aturan atau tata bahasa
pemrograman komputer rumit dan njlimet (complicated). Alangkah
indahnya bila suatu saat mendatang user hanya mengetikkan kalimat melalui
keyboard dengan bahasa alami dan komputer dapat mengerti apa maksud kalimat
yang diketikkan tersebut.
Voice
Recognition (Pengenalan Suara)
Voice
recognition adalah
teknik agar komputer dapat mengenali dan memahami bahasa ucapan. Proses ini
mengijinkan seseorang berkomunikasi dengan komputer dengan cara berbicara
kepadanya. Istilah “pengenalan suara” mengandung arti bahwa tujuan utamanya
adalah mengenai kata yang diucapkan tanpa harus tahu artinya, di mana bagian
itu merupakan tugas “pemahaman suara”. Secara umum prosesnya adalah usaha untuk
menerjemahkan apa yang diucapkan seorang manusia menjadi kata-kata atau kalimat
yang dapat dimengerti oleh komputer. Hal ini didasari oleh pemikiran para ahli
bagaimana jika user hanya mendiktekan kalimat melalui speaker dan komputer
dapat mengerti apa maksud kalimat yang diucapkan tersebut.
Gambar Pohon
AI dan aplikasi utamanya
Sistem
Sensor dan Robotika.
Robot
merupakan gabungan dari unsur sperti: sistem mekanis, sistem visi dan
pencitraan, dan sistem pengolahan sinyal. Sebuah robot, yaitu perangkat
elektromekanik yang diprogram untuk melakukan tugas manual, tidak semuanya
merupakan bagian dari AI. Robot yang hanya sekedar melakukan aksi atas dasar
switch-switch mekanis/elektris dikatakan sebagai robot bodoh yang tidak lebih
pintar dari sekedar lift. Robot yang cerdas biasanya mempunyai perangkat
sensor, seperti kamera, yang mengumpulkan informasi mengenai operasi dan
lingkungannya. Kemudian bagian AI robot tersebut menerjemahkan informasi tadi
dan merespon serta beradaptasi jika terjadi perubahan lingkungan.
Intelligent
Tutoring/Intelligent Computer-Aided Instruction (CAI)
CAI adalah
komputer yang mampu mengajari manusia. Belajar melalui komputer sudah lama
digunakan, namun dengan menambahkan aspek kecerdasan di dalamnya, dapat
tercipta komputer “guru” yang dapat mengatur teknik pengajarannya untuk
menyesuaikan dengan kebutuhan “murid” secara individiual. Unsur sistem database
dan query yang canggih sangat dominan dalam CAI. Sistem ini juga mendukung
pembelajaran bagi orang yang mempunyai kekurangan fisik atau kelemahan belajar.
Kelebihan CAI ini, yaitu : material dapat diatur sesuai dengan
kebutuhan/kemampuan pemakai, perbaikan dapat langsung diberikan, umpan balik
secara cepat, pengajaran yang konsisten, materi belajar mudah diedit, dan tidak
ada batasan lokasi.
Artificial
Neural Network (ANN)
ANN
merupakan jaringan saraf tiruan, suatu teknologi informasi yang meniru unsur
biologi manusia seperti otak dan sistem saraf. ANN mampu belajar seperti
seorang bocah, jadi dari tidak tahu sama sekali menjadi tahu sekali, melalui
proses pembelajaran. ANN sangat ekselen untuk bidang pengenalan citra,
pengklasifikasian, dan penginterpretasian data yang tidak sempurna.
Game Playing (GP,
Permainan Game)
Software
permainan muncul bagaikan jamur, video game sangat diminati oleh manusia dewasa
dan kanak-kanak. Permainan adalah bidang yang bagus untuk menganalisa
kecerdasan suatu komputer. Adadua alasan yang menyebabkan hal tersebut, yaitu :
permainan mengandung pola yang terstruktur untuk mencapai kemenangan atau
kekalahan dengan mudah, dan permainan membutuhkan strategi yang tepat untuk
dapat menang. Permainan dapat diselesaikan dengan pencarian mulai dari posisi start
sampai ke posisi menang (winning position). Sebelum melakukan pencarian,
posisi-posisi yang sah dalam permainan perlu dibangkitkan terlebih dahulu oleh
suatu prosedur. GP dirancang supaya dapat melakukan evaluasi/pencarian solusi
ke depan dari posisi awal sampai posisi yang menuju kemenangan. GP yang populer
adalah Deep Thought dari IBM, program catur yang dipertandingkan melawan Grand
Master Anatoly Karpov dengan hasil remis, luar biasa: suatu software komputer
dapat bermain remis dengan seorang professor catur!
Fuzzy Logic (Logika Fazi)
Kata fazi
berarti kabur atau samar-samar. Logika fuzzy merupakan suatu cabang
logika yang menggunakan derajat keanggotaan kebenaran (dari nol sampai dengan
satu), sedangkan logika klasik hanya mengelompokan derajat keanggotaan
kebenaran menjadi dua nol (salah) atau satu (benar). Dengan menggunakan sistem
inferensi Fuzzy yang didasarkan pada konsep teori fuzzy, aturan fuzzy if-then,
dan logika fuzzy, maka diperoleh solusi yang baik dan yang mampu mengikuti
perubahan variabel bebas secara halus sekali.
Genetic
Algorithm (GA, Algoritma Genetika)
Algoritma genetika adalah algoritma pencarian
heuristik yang didasarkan atas mekanisme evolusi biologis. Prinsip evolusi
berbasis “survival of the fittest” (yang menang/bertahan adalah yang
kuat/mampu menyesuaikan diri) dimanfaatkan dalam GA. GA cocok sekali untuk
persoalan optimasi dengan banyak alternatip solusi. Misalnya menyusun suatu
ramuan obat dari berbagai unsur dengan kemungkinan yang banyak sekali. Pada
algoritma ini, teknik pencarian dilakukan sekaligus atas sejumlah solusi yang
dikenal dengan istilah populasi. Individu yang terdapat dalam satu
populasi disebut dengan istilah string (string) atau kromosom (chromosome).
Cara mendapatkan solusi optimal adalah menghitung nilai fitness dari
setiap individu. Fungsi untuk menghitung nilai fitness disebut fungsi fitness
yang dapat berupa fungsi matematika atau fungsi lainnya dengan melihat kriteria
tertentu dari permasalahan yang hendak diselesaikan. Dengan fungsi fitness
yang menghasilkan nilai fitness dari suatu kromosom maka dapat dibedakan
antara kromosom yang berkualitas baik dengan kromosom yang berkualitas buruk
dalam populasi tersebut. Kromosom berkualitas baik mempunyai kemungkinan yang
lebih besar untuk terpilih sebagai induk. Jika algoritma genetik tersebut belum
mencapai kondisi untuk berhenti maka akan dibentuk generasi berikutnya yang
dikenal dengan istilah anak (offspring), terbentuk dari gabungan 2
kromosom generasi sekarang yang bertindak sebagai induk (parent) dengan
menggunakan operator penyilangan (crossover). Bila crossover tidak
menghasilkan solusi, maka dipakai operator mutasi.
0 komentar:
Posting Komentar